Pertimbangan Dalam Redesign
Redesign brand atau rebranding biasanya dibutuhkan ketika perusahaan tersebut berkembang, berubah haluan, atau sekadar memperbarui atau mengangkat citra perusahaan. Nah tapi pada artikel ini, redesign dilakukan untuk mengembangkan kemampuan ilutrasi dan desain ya...
Pada proses redesign kali ini saya menggunakan logo brand Indomik.
Alasan melakukan redesign pada brand Indomilk :
Upgrade logo
Logo awal Indomilk merupakan tulisan Indomilk dengan warna biru. Untuk melakukan redesign logo, maka saya menambahkan beberapa icon untuk memberi kesan lebih modern dan menarik.
- Bentuk dasar logo bulat : bentuk dasar logo dibuat berbentuk bulat untuk meberi kesan lebih simple namun tetap seimbang secara keseluruhan. Dengan bentuk bulat, akan dapat menyatukan antara bagian icon sapi dan icon susu cair pada bagian bawah. Bentuk yang digunakan juga bukan segiempat maupun bentuk lainnya agar bentuk terkesan lebih fleksibel untuk stiker ataupun foto profil lainnya. Dan untuk tetap memperhatikan logo sebelumnya, maka warna latar yang digunakan adalah warna biru.
- Tipografi Indomilk : tulisan tipografi indomlik sengaja diletakkan di bagian tengah dari logo agar tetap menjadi center of attention dari logo yang dibuat. Untuk jenis font yang digunakan tetap simple tanpa variasi berlebih untuk tetap mengikuti logo sebelumnya. Dan untuk membuat tulisan lebih jelas terlihat diantara bagian lainnya, maka diberikan latar bentuk dengan warna berbeda. Warna yang digunakan yaitu gold, warna dan bentuk ini ditujukan untuk memberi tampilan legend dan memperlihatkan bahwa brand susu indomilk ini telah berdiri sejak lama.
- Icon sapi : icon sapi sebagai ilustrasi pada bagian logo dibuat untuk menambahkan kesan modern dan lebih menarik untuk dilihat. Bagian bawah memang dibuat datar sehingga dapat seimbang dan menyatu dengan bentuk latar dari tipografi indomilk. Untuk pewarnaan disesuaikan dengan warna sapi pada ilustrasi umumnya.
- Icon susu cair : agar tidak melupakan jenis produk, maka ilustrasi susu cair ini ditambahkan di bagian bawah. Bagian atas ilustrasi dibuat seolah bergelombang untuk memberi tampilan cair. Sedangkan bagian bawah dibuat setengah lingkarang untuk menyesuaikan latar lingkarannya. Untuk pewarnaan digunakan warna umu susu murni yaitu putih namun diberi tambahan outline sehingga ilustrasi dapat terlihat lebih jelas.
Upgrade kemasan kotak kertas
Saat ini banyak berkembang kemasan minuman yang menarik dan juga unik. Salah satunya adalah bentuk kemasan susu dari korea yang sempat menarik perhatian masyarakat. Selain karena rasanya, bentuk kemasan susu dari korea ini memang lebih menarik dan unik. bahannya yang tetap sama yaitu kertas namun dengan desain yang lebih menarik, terutama bagi zaman sekarang yang sering memfoto makanan maupun minuman kemasan. Dari sinilah saya mendapat inspirasi untuk mengupgrade bentuk kemasan kotak susu Indomilk.
Berikut hasil redesign di ai dan ps.
Bentuk kemasan kotak ini hampir sama dengan kemasan kotak pada susu cair yang lebih banyak isinya, namun ini ditujukan pada susu dengan sis yang lebih sedikit atau dapat dikatakan sekali konsumsi. bentuknya lebih mudah untuk dibawa karena tidak terlalu besar.
- Bentuk lelehan pada bagian depan : bentuk ini menggambarkan rasa dari susu tersebut sesuai kemasannya. Bentuknya dibuat seolah-olah meleleh sehingga menggambarkan rasa yang tercampur dalam susu dalam kemasan.
- Icon buah : ilustrasi buah pada bagian ujung depan diberikan untuk memberikan gambaran jelas mengenai rasa dari setiap kemasan susu.
- Tipografi strawberry/banana mlik : tipografi ini sebagai keterangan jelas mengenai rasa dari setiap kemasan susu. strawberry/banana segabai tulisan rasa dari susu kemasan. Sedangkan tulisan milk sebagai tambahan dari tipografi untuk menggambarkan produk susu. Tulisan milk diberi warna sesuai rasa pada susu kemasan untuk menyeimbangkan tampilan.
- Icon 100% fresh milk : icon ini dibuat sebagai tambahan pada bagian pojok atas sebagai informasi susu murni.
- Keterangan di bagian samping kotak susu : pada bagian samping kotak susu beresi keterangan berupa nutrition facts, barcode harga, tipografi rasa susu, icon logo dan icon 100% fresh milk.
- Logo indomilk : logo utama diletakan pada bagian atas kemasan untuk memperlihatkan logo utama produk namun tetap menjaga keseimbangan pada kemasan.
- tipografi indomilk : tulisan indomilk di bagian atas kemasan untuk memperjelas logo utama dan menggambarkan nana brand utama.
Upgrade kemasan botol plastik
Sama halnya dengan kemasan kotak, model kemasan botol susu kaca pada daerah barat sangat terkenal dan dapat dikatakan legend. Bentuknya yang sederhana namun sudah tidak asing dimata para penonton film barat. Dari sinilah saya mendapat inspirasi untuk membuat kemasan botol dengan bentuk yang sama seperti botol susu dari tersebut namun tetap mementingkan kemudahan dalam kemasan. Sehingga kemasan ini dibuat dengan bahan plastik yang sama seperti sebelumnya namun dengan model botol layaknya botol kaca.
berikut meurpakan hasil redesign di ai.
- Logo indomilk : logo indomilk diletakkan di bagian atas label botol sehingga dapat memperlihatkan nama brand dengan jelas.
- Icon rasa : icon yang dibuat sesuai rasa dari produk susu kemasan. ini dibuat untuk mepermudah dalam visualisasi rasa produk.
- Warna botol : warna botol dibuat transparant agar dapat memperlihatkan warna asli dari susu dalam kemasan. Ini dibuat untuk mempermudah dalam mencermati rasa pada susu kemasan tersebut.
- Tipogafi 100% fresh milk : pada bagian bawah terdapat tulisan 100% fresh milk untuk memberi informasi bahwa susu kemasan merupakan susu murni.
- Tipografi rasa susu : tipografi ini dibuat untuk memperjelas informasi mengenai rasa dari susu kemasan tersebut dan dibuat lebih tebal dari tipografi lainnya.
- Latar backgrond label : latar label diberi bentuk pola kulit sapi dengan warna sesuai dari rasa susu kemasan. Ini dibuat untuk bemberi visualisasi susu sapi dan menyeimbangkan warna label.
Komentar
Posting Komentar