Langsung ke konten utama

Pertimbangan Dalam Redesign

Pertimbangan Dalam Redesign

Haii sahabat...kembali lagi di marshwillow.id. kali ini marshwillow.id bakalan berbagi pertimbangan dan alasan dalam redesign brand dan logo indomilk di artikel sebelumnya nih...Yuk simak infonya.

Dikit kilas balik nih...Jadi redesign adalah mendesain kembali sebuah karya dari desain yang sudah ada. Tahap me-redesign memiliki range yang beragam, dari hanya mengubah desainnya saja dan menggunakan konsep yang terdahulu, hingga mengubah konsep secara keseluruhan. Semua jenis desain dapat melalui proses redesign. Namun kali ini, kita akan bahas mengenai implementasinya dalam brandnya terutama dari segi visualnya.

Redesign brand atau rebranding biasanya dibutuhkan ketika perusahaan tersebut berkembang, berubah haluan, atau sekadar memperbarui atau mengangkat citra perusahaan. Nah tapi pada artikel ini, redesign dilakukan untuk mengembangkan kemampuan ilutrasi dan desain ya...

Pada proses redesign kali ini saya menggunakan logo brand Indomik.


Alasan melakukan redesign pada brand Indomilk :


  1. Upgrade logo





Logo awal Indomilk merupakan tulisan Indomilk dengan warna biru. Untuk melakukan redesign logo, maka saya menambahkan beberapa icon untuk memberi kesan lebih modern dan menarik.


  • Bentuk dasar logo bulat : bentuk dasar logo dibuat berbentuk bulat untuk meberi kesan lebih simple namun tetap seimbang secara keseluruhan. Dengan bentuk bulat, akan dapat menyatukan antara bagian icon sapi dan icon susu cair pada bagian bawah. Bentuk yang digunakan juga bukan segiempat maupun bentuk lainnya agar bentuk terkesan lebih fleksibel untuk stiker ataupun foto profil lainnya. Dan untuk tetap memperhatikan logo sebelumnya, maka warna latar yang digunakan adalah warna biru.
  • Tipografi Indomilk : tulisan tipografi indomlik sengaja diletakkan di bagian tengah dari logo agar tetap menjadi center of attention dari logo yang dibuat. Untuk jenis font yang digunakan tetap simple tanpa variasi berlebih untuk tetap mengikuti logo sebelumnya. Dan untuk membuat tulisan lebih jelas terlihat diantara bagian lainnya, maka diberikan latar bentuk dengan warna berbeda. Warna yang digunakan yaitu gold, warna dan bentuk ini ditujukan untuk memberi tampilan legend dan memperlihatkan bahwa brand susu indomilk ini telah berdiri sejak lama.
  • Icon sapi : icon sapi sebagai ilustrasi pada bagian logo dibuat untuk menambahkan kesan modern dan lebih menarik untuk dilihat. Bagian bawah memang dibuat datar sehingga dapat seimbang dan menyatu dengan bentuk latar dari tipografi indomilk. Untuk pewarnaan disesuaikan dengan warna sapi pada ilustrasi umumnya.
  • Icon susu cair : agar tidak melupakan jenis produk, maka ilustrasi susu cair ini ditambahkan di bagian bawah. Bagian atas ilustrasi dibuat seolah bergelombang untuk memberi tampilan cair. Sedangkan bagian bawah dibuat setengah lingkarang untuk menyesuaikan latar lingkarannya. Untuk pewarnaan digunakan warna umu susu murni yaitu putih namun diberi tambahan outline sehingga ilustrasi dapat terlihat lebih jelas.


  1. Upgrade kemasan kotak kertas



Saat ini banyak berkembang kemasan minuman yang menarik dan juga unik. Salah satunya adalah bentuk kemasan susu dari korea yang sempat menarik perhatian masyarakat. Selain karena rasanya, bentuk kemasan susu dari korea ini memang lebih menarik dan unik. bahannya yang tetap sama yaitu kertas namun dengan desain yang lebih menarik, terutama bagi zaman sekarang yang sering memfoto makanan maupun minuman kemasan. Dari sinilah saya mendapat inspirasi untuk mengupgrade bentuk kemasan kotak susu Indomilk.


Berikut hasil redesign di ai dan ps.





Bentuk kemasan kotak ini hampir sama dengan kemasan kotak pada susu cair yang lebih banyak isinya, namun ini ditujukan pada susu dengan sis yang lebih sedikit atau dapat dikatakan sekali konsumsi. bentuknya lebih mudah untuk dibawa karena tidak terlalu besar.

  • Bentuk lelehan pada bagian depan : bentuk ini menggambarkan rasa dari susu tersebut sesuai kemasannya. Bentuknya dibuat seolah-olah meleleh sehingga menggambarkan rasa yang tercampur dalam susu dalam kemasan.
  • Icon buah : ilustrasi buah pada bagian ujung depan diberikan untuk memberikan gambaran jelas mengenai rasa dari setiap kemasan susu.
  • Tipografi strawberry/banana mlik : tipografi ini sebagai keterangan jelas mengenai rasa dari setiap kemasan susu. strawberry/banana segabai tulisan rasa dari susu kemasan. Sedangkan tulisan milk sebagai tambahan dari tipografi untuk menggambarkan produk susu. Tulisan milk diberi warna sesuai rasa pada susu kemasan untuk menyeimbangkan tampilan.
  • Icon 100% fresh milk : icon ini dibuat sebagai tambahan pada bagian pojok atas sebagai informasi susu murni.
  • Keterangan di bagian samping kotak susu : pada bagian samping kotak susu beresi keterangan berupa nutrition facts, barcode harga, tipografi rasa susu, icon logo dan icon 100% fresh milk.
  • Logo indomilk : logo utama diletakan pada bagian atas kemasan untuk memperlihatkan logo utama produk namun tetap menjaga keseimbangan pada kemasan.
  • tipografi indomilk : tulisan indomilk di bagian atas kemasan untuk memperjelas logo utama dan menggambarkan nana brand utama.

  1. Upgrade kemasan botol plastik

Sama halnya dengan kemasan kotak, model kemasan botol susu kaca pada daerah barat sangat terkenal dan dapat dikatakan legend. Bentuknya yang sederhana namun sudah tidak asing dimata para penonton film barat. Dari sinilah saya mendapat inspirasi untuk membuat kemasan botol dengan bentuk yang sama seperti botol susu dari tersebut namun tetap mementingkan kemudahan dalam kemasan. Sehingga kemasan ini dibuat dengan bahan plastik yang sama seperti sebelumnya namun dengan model botol layaknya botol kaca.


berikut meurpakan hasil redesign di ai.






Bentuk kemasan ini masih menggunakan bahan yang sama dengan kemasan sebelumnya namun dengan bentuk yang lebih terbaru. Kemasan dibuat lebih menarik dari botol susu pada umumnya.

  • Logo indomilk : logo indomilk diletakkan di bagian atas label botol sehingga dapat memperlihatkan nama brand dengan jelas.
  • Icon rasa : icon yang dibuat sesuai rasa dari produk susu kemasan. ini dibuat untuk mepermudah dalam visualisasi rasa produk.
  • Warna botol : warna botol dibuat transparant agar dapat memperlihatkan warna asli dari susu dalam kemasan. Ini dibuat untuk mempermudah dalam mencermati rasa pada susu kemasan tersebut.
  • Tipogafi 100% fresh milk : pada bagian bawah terdapat tulisan 100% fresh milk untuk memberi informasi bahwa susu kemasan merupakan susu murni.
  • Tipografi rasa susu : tipografi ini dibuat untuk memperjelas informasi mengenai rasa dari susu kemasan tersebut dan dibuat lebih tebal dari tipografi lainnya.
  • Latar backgrond label : latar label diberi bentuk pola kulit sapi dengan warna sesuai dari rasa susu kemasan. Ini dibuat untuk bemberi visualisasi susu sapi dan menyeimbangkan warna label.


Yuk di cek...
untuk link pengerjaan desain sebagai berikut : https://shintafanny.blogspot.com/2021/11/redesign-brand.html

sekian terima kasir :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mural

  Om Swastyastu. Perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi D3 Desain Komunikasi Visual. Pada tugas kali ini saya akan membuat Tugas Mural Ilustrasi Animatif. Pada tugas ini dibuat desain untuk mural dinding pada taman kanak-kanak. Desain menggambarkan  anak-anak dengan kesan ceria dan kegiatannya.  Saya menggambarkan anak-anak yang aktif berimajinasi dengan kegiatannya. Menyalin Sketsa Kertas Desain Background Gabungkan Desain Coloring Color Pallate Tahap Desain di Adobe Illustrator Hasil Akhir link file download tugas :  https://drive.google.com/drive/folders/1hMhJhpkDbv4cm4M4qS1jaIwjyhvvtNur?usp=sharing

Tugas 2 Infografis

Om Swastyastu, perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi D3 Desain Komunikasi Visual. Pada tugas infografis kali ini saya akan membuat infografis mengenai hari raya Saraswati. Pengertian Hari raya ini dirayakan setiap enam bulan atau 210 hari sekali. Secara perhitungan kalender Bali, hari raya ini dirayakan pada Saniscara (Sabtu) Umanis Wuku Watugunung. Dipercaya sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan sekaligus sebagai penghormatan terhadap Dewi Pengetahuan yaitu Dewi Saraswati. Saraswati (dalam bahasa Sanskerta bermakna "sesuatu yang mengalir", seperti percakapan, sesuluh/petunjuk hidup). Kata Saraswati secara etimologi berasal dari kata 'saras' dan 'wati'. Kata "saras" yang juga berasal dari urat kata sansekerta "srs" memiliki arti “mata air”, terus-menerus atau sesuatu yang terus-menerus mengalir. Sedangkan kata "wati" berarti yang memiliki. "Saraswati" adalah sesuatu yang memiliki atau mempunyai sifat men...

Senja di Kota Singaraja

Om Swastyastu, perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi D3 Desain Komunikasi Visual. Pada tugas audio visual aplikatif kali ini saya akan membuat video informatif dari footage video yang telah menjadi tugas sebelumnnya. Pada tugas video ini, saya mengambil objek Monumen Tri Yudha Sakti. Proses pembuatan : Link Youtube : landscape :  https://youtu.be/66Wip48Gd44 portrait :  https://youtu.be/fUA55MEPb20 Monumen Tri Yudha Sakti Pemerintah Kabupaten Buleleng membangun monumen ini untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur. Masyarakat setempat sering menyebut monumen ini dengan sebutan Tugu Tiga. Alasannya karena monumen ini memiliki 3 patung pahlawan yang berdiri tegak di atasnya. Tiga pahlawan itu diantaranya yaitu, Mayor I Nengah Metra, I Gusti Putu Wisnu, dan Kapten I Gede Muka Pandan Link tugas sebelumnya : https://shintafanny.blogspot.com/2023/05/monumen-tri-yudha-sakti.html Sekian Terima Kasih :)