Langsung ke konten utama

Memindahkan Desain Manual Ke Digital

halo semua perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi Desain Komunikasi Visual. pada blog kali ini saya akan mendeskripsikan tahap pembuatan nama brand, logo, dan poster pada media digital. pada blog saya akan mengurutkan proses pemindahan desain manual menuju desain digital. aplikasi yang saya tetapkan sebagai media digital yaitu Adobe illustrator. berikut merupakan tahap mendesain digital.

Desain Nama Brand Digital




dalam pembuatan nama cafe digunakan 2 kata berupa "creamy" dan "corner" sesuai dengan hasil pertimbangan. untuk mendapatkan hasil desain font yang sederhana namun tetap elegan pada kata "creamy" menggunakan font AvantGarde Bk BT. sedangkan pada kata "corner" untuk menghasilkan tulisan simple bold apakah digunakan font Aller Display. dua jenis font ini disatukan dengan cara membentuk suatu bentuk kotak sederhana. untuk memberikan tampilan yang berbeda maka kata corner dipecah menjadi dua bagian sehingga dapat menghasilkan bentuk kotak yang lebih rapi.




berikut merupakan hasil desain nama cafe.



Desain Logo Digital


pemindahan desain logo manual menuju digital dimulai dengan membuka aplikasi Adobe illustrator.





tahap berikutnya yaitu desain dengan ukuran kertas A3.



kemudian mengeluarkan sketsa manual sebagai contoh dari pengerjaan digital.




proses pengerjaan digital dilakukan dengan mengikuti sketsa yang telah dibuat pada sketsa manual dengan melakukan beberapa revisi bentuk sehingga proporsi bentuk logo lebih baik.



setelah membuat logo dan pemberian warna secara digital, font nama cafe ditambahkan kedalam desain logo sesuai dengan desain digital sebelumnya.



berikut merupakan perbandingan hasil desain manual dan desain digital.



berikut merupakan hasil dari desain digital logo cafe.



Desain Poster Digital


proses pemindahan desain poster manual menuju poster digital diawali dengan membuka aplikasi Adobe illustrator.





kemudian latar dengan ukuran a3 dan dan mengeluarkan design manual sebagai sketsa awal.






setelah design manual disesuaikan dengan ukuran kertas A3, tambahkan layer baru untuk membuat desain gambar pada poster.




dilakukan pembuatan Swatch untuk pewarnaan. Swatch warna dicari di di internet untuk memberikan referensi warna yang lebih mencolok untuk poster.





diawali dengan membuat outline untuk desain.













desain bentuk gambar minuman pada poster promosi cafe dibuat dengan menggunakan pen tools.


setelah mengikuti sketsa yang telah dibuat, hasil desain memberikan warna warna dasar.




hal yang sama dilakukan untuk memberikan komposisi warna kedua pada desain minuman poster.



selanjutnya dengan menambahkan layer baru untuk berikan komposisi warna kedua.


kemudian dibuat bentuk sesuai dengan pen tools dan diberi warna kedua.


setelah memberikan warna dasar dan warna komposisi maka tahap selanjutnya yaitu memberikan shadow pada desain poster minuman.




pembuatan layer shadow dilakukan dengan cara yang sama dan menggunakan pen tools.



warna pada shadow dibuat lebih gelap namun dengan opacity 20%. hal ini bertujuan untuk menambahkan dimensi pada gambar minuman di poster.



untuk sentuhan terakhir diberikan tambahan layer highlight pada gambar minuman di poster. sama halnya dengan pembuatan shadow, highlight dibuat dengan menggunakan pen tool dan menggunakan warna putih dengan opacity 60%.




setelah pembuatan minuman pada poster selesai dilanjutkan dengan menambahkan font sesuai dengan sketsa poster manual.


jenis font yang digunakan di usahakan sesuai dengan hasil sketsa dari poster manual dengan ukuran dan komposisi yang disesuaikan dengan poster digital.



kemudian ditambahkan hasil logo yang telah dibuat sebelumnya pada bagian ujung kiri atas sesuai dengan sketsa ada poster manual.



tahap terakhir untuk menambahkan kesan lebih mencolok pada poster maka dibuat latar dengan warna yang lebih sesuai, latar ditambahkan sebagai revisi dari poster manual karena poster digital dapat terlihat lebih hidup setelah ditambahkan warna latar cerah.



berikut merupakan perbandingan antara hasil poster manual dan poster digital.



berikut merupakan hasil poster digital Adobe illustrator.



link pembuatan logo manual

link pemuatan poster manual

sekian terima kasih :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Infografis

Om Swastyastu, perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi D3 Desain Komunikasi Visual. Pada tugas infografis kali ini saya akan membuat infografis mengenai hari raya Saraswati. Pengertian Hari raya ini dirayakan setiap enam bulan atau 210 hari sekali. Secara perhitungan kalender Bali, hari raya ini dirayakan pada Saniscara (Sabtu) Umanis Wuku Watugunung. Dipercaya sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan sekaligus sebagai penghormatan terhadap Dewi Pengetahuan yaitu Dewi Saraswati. Saraswati (dalam bahasa Sanskerta bermakna "sesuatu yang mengalir", seperti percakapan, sesuluh/petunjuk hidup). Kata Saraswati secara etimologi berasal dari kata 'saras' dan 'wati'. Kata "saras" yang juga berasal dari urat kata sansekerta "srs" memiliki arti “mata air”, terus-menerus atau sesuatu yang terus-menerus mengalir. Sedangkan kata "wati" berarti yang memiliki. "Saraswati" adalah sesuatu yang memiliki atau mempunyai sifat men...

Mural

  Om Swastyastu. Perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi D3 Desain Komunikasi Visual. Pada tugas kali ini saya akan membuat Tugas Mural Ilustrasi Animatif. Pada tugas ini dibuat desain untuk mural dinding pada taman kanak-kanak. Desain menggambarkan  anak-anak dengan kesan ceria dan kegiatannya.  Saya menggambarkan anak-anak yang aktif berimajinasi dengan kegiatannya. Menyalin Sketsa Kertas Desain Background Gabungkan Desain Coloring Color Pallate Tahap Desain di Adobe Illustrator Hasil Akhir link file download tugas :  https://drive.google.com/drive/folders/1hMhJhpkDbv4cm4M4qS1jaIwjyhvvtNur?usp=sharing

Tugas 3 Infografis

Om Swastyastu, perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi D3 Desain Komunikasi Visual. Pada tugas infografis kali ini saya akan membuat infografis mengenai wisata pada pantai Lovina. Pantai Lovina terletak di bagian utara Pulau Bali. Lokasi Pantai Lovina tepatnya berada  di  Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Wisata Pantai Lovina yang selalu diburu pengunjung adalah melihat lumba-lumba. Daya Tarik Pantai Lovina Pantai Lovina merupakan pantai berpasir hitam yang masih alami sehingga menarik untuk dikunjungi. Daya tarik utama pantai ini adalah perjalanan ke tengah laut yang berjarak satu sampai dua  kilometer dari bibir pantai untuk melihat lumba-lumba. Pertunjukkan lumba-lumba liar akan menjadi pengalaman yang menarik. Di kawasan Lovina, ada ratusan lumba-lumba. Baca juga: Pantai Nampu Wonogiri: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute Untuk diketahui, lumba-lumba di kawasan ini hanya muncul pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Pada pukul tersebut,...