halo semua perkenalkan nama saya Putu Shinta Fannylia dari prodi Desain Komunikasi Visual. pada blog kali ini saya akan mendeskripsikan tahap pembuatan nama brand, logo, dan poster pada media digital. pada blog saya akan mengurutkan proses pemindahan desain manual menuju desain digital. aplikasi yang saya tetapkan sebagai media digital yaitu Adobe illustrator. berikut merupakan tahap mendesain digital.
dalam pembuatan nama cafe digunakan 2 kata berupa "creamy" dan "corner" sesuai dengan hasil pertimbangan. untuk mendapatkan hasil desain font yang sederhana namun tetap elegan pada kata "creamy" menggunakan font AvantGarde Bk BT. sedangkan pada kata "corner" untuk menghasilkan tulisan simple bold apakah digunakan font Aller Display. dua jenis font ini disatukan dengan cara membentuk suatu bentuk kotak sederhana. untuk memberikan tampilan yang berbeda maka kata corner dipecah menjadi dua bagian sehingga dapat menghasilkan bentuk kotak yang lebih rapi.
berikut merupakan hasil desain nama cafe.
Desain Logo Digital
pemindahan desain logo manual menuju digital dimulai dengan membuka aplikasi Adobe illustrator.
kemudian mengeluarkan sketsa manual sebagai contoh dari pengerjaan digital.
berikut merupakan perbandingan hasil desain manual dan desain digital.
berikut merupakan hasil dari desain digital logo cafe.
Desain Poster Digital
proses pemindahan desain poster manual menuju poster digital diawali dengan membuka aplikasi Adobe illustrator.
dilakukan pembuatan Swatch untuk pewarnaan. Swatch warna dicari di di internet untuk memberikan referensi warna yang lebih mencolok untuk poster.
diawali dengan membuat outline untuk desain.
desain bentuk gambar minuman pada poster promosi cafe dibuat dengan menggunakan pen tools.
setelah mengikuti sketsa yang telah dibuat, hasil desain memberikan warna warna dasar.
hal yang sama dilakukan untuk memberikan komposisi warna kedua pada desain minuman poster.
kemudian dibuat bentuk sesuai dengan pen tools dan diberi warna kedua.
setelah memberikan warna dasar dan warna komposisi maka tahap selanjutnya yaitu memberikan shadow pada desain poster minuman.
pembuatan layer shadow dilakukan dengan cara yang sama dan menggunakan pen tools.
warna pada shadow dibuat lebih gelap namun dengan opacity 20%. hal ini bertujuan untuk menambahkan dimensi pada gambar minuman di poster.
untuk sentuhan terakhir diberikan tambahan layer highlight pada gambar minuman di poster. sama halnya dengan pembuatan shadow, highlight dibuat dengan menggunakan pen tool dan menggunakan warna putih dengan opacity 60%.
jenis font yang digunakan di usahakan sesuai dengan hasil sketsa dari poster manual dengan ukuran dan komposisi yang disesuaikan dengan poster digital.
berikut merupakan perbandingan antara hasil poster manual dan poster digital.
berikut merupakan hasil poster digital Adobe illustrator.
Komentar
Posting Komentar